Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia

Diposting pada

Yalla Shoot – Kisah berikut tak berhenti di situ saja, dikarenakan pertandingan ini sudah masuk ke Indonesia atas cerita-cerita di masa lantas yang bersejarah. Awal mulanya Sepakbola di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh kolonial Belanda, setelah itu permainan ini dimainkan oleh para pemuda Tionghoa dan oleh pemuda asli pribumi. Melalui Sepakbola terbentuk lebih dari satu kumpulan di lebih dari satu kota pada masa Hindia Belanda layaknya di Surabaya tahun 1902, Batavia tahun 1904 dan Medan tahun 1907.

Tepat di masa 1914  sepak bola makin lama dikenal di tanah air, pada 20 April 1919 federasi federasi Sepakbola yang ada di Indonesia membentuk sebuah Organisasi bernama Nederlandsch-Indische Voetbal Bond (NIVB). Organisasi berikut kemudian diakui secara resmi oleh pemerintahan Hindia Belanda pada 20 Oktober 1919. Kemudian secara resmi jadi Anggota FIFA pada 19 April 1924 kemudian ditetapkan pada 24 Mei 1924. Pada sementara itu yang jadi Anggotra NIVB ada 7 yaitu Surabaya (SBV), Batavia (VBO), Semarang (SVO), Bandung (BVB), Malang, Yogyakarta, Sukabumi.

Pada 19 April 1930 oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo terpilih jadi ketua persatuan sepakbola semua Indonesia atau PSSI di kota Yogyakarta bersama dengan diikuti oleh ketujuh utusan klub di atas. Dalam tangan beliau, kesibukan sepak bola mengalami kemajuan baik dan di tangan para pemuda Indonesia yang tangguh hingga lewat lebih dari satu persaingan secara nasional, lebih-lebih hingga internasional sekalipun.

Hingga saat ini ini kisah dari sejarah sepak bola dan asal usul sepak bola dunia & nasional menjadi anggota paling penting dalam kemajuan di setiap negara dan menumbuhkan pertandingan yang berlevel tertentu, dari nasional hingga internasional.

Berikut ini Peristiwa momen penting dalam sejarah sepakbola dunia:

  • Asosiasi Sepakbola Inggris terbentuk pada tahun 1863.
  • Untuk pertama kalinya pertandingan di luar Inggris, yaitu pertandingan pada Kadana vs AS pada tahun 1885.
  • Rapat pembentukan Asosiasi Organisasi Sepakbola tahun 1886.
  • Pemimpin dalam sebuah pertandingan dan membawa kuasa penuh adalah seorang wasit, perihal ini diputuskan pada tahun 1888.
  • FIFA terbentuk pada tahun 1904 di Prancis. Anggota pertama FIFA adalah Prancis, Belanda, Spanyol, Swiss, Belgia dan Swedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *