Definisi dan Fungsi Komponen Pipa,Strainer,Steam Trap,Vent dan Drain

Diposting pada

Pipa HDPE – Dalam praktik kerja di lapangan sebagai seorang fitter atau pipe fitter pasti sering menjumpai komponen perpipaan layaknya strainer,steam trap,vent dan drain lebih-lebih kami terhitung sering memasangnya,tapi kadang kami keliru menyebut namanya atau lebih-lebih tersedia yang tidak paham nama dan kegunaannya mirip sekali.Oleh gara-gara itu terhadap peluang kali ini saya mencoba mengurai sedikit berkenaan definisi dan faedah komponen-komponen perpipaan tersebut.

Strainer ( Saringan )

Saringan (strainer) gunanya adalah sebagai alat penyaring kotoran baik yg bersifat padat, cair atau gas. Alat penyaring ini digunakan terhadap jalan pipa manfaat menyaring kotoran terhadap aliran agar aliran yg dapat diproses atau hasil sistem lebih baik mutunya.

Perlu diingat bahwa pemasangan strainer tidak boleh terbalik,perhatikan anjuran arah panah yang tersedia di body strainer tersebut.Kalau lihat gambar di bawah ini maka inletnya berasal dari sebelah kiri posisi kami membaca.

Perhatikan sebagian wujud strainer pipa di bawah ini :

Tipe-tipe alat penyaring (strainer) ini dapat dibagi jadi :
1. Tipe T. (gambar sebelah kanan)
Tipe ini digunakan secara lazim untuk memperluas area dan meredusir tekanan terhadap jalan pipa
2. Tipe Y (gambar sebelah kiri)
3. Tipe sementara
4. Tipe datar

Steam Trap ( Perangkap Uap )

Steam Trap merupakan alat yg digunakan untuk menghalau air berasal dari uap, dimana air ini tidak tersedia gunaya lebih-lebih dapat memberikan hambatan terhadap aliran uap atau dapat menyebabkan kerugian lainnya. Perangkap uap ini ditempatkan terhadap tempat terendah berasal dari suatu jalan perpipaan atau dipasang terhadap kantung pipa yg disebut Drip Leg.Pemasangan Steam Trap ini terhitung tidak boleh terbalik,perhatikan arah panah terhadap body(casingnya).Jika tidak tersedia gambar arah panah maka tanyakan terhadap engineering atau pihak yang terkait.

Steam Trap bentuknya layaknya ini:

Cara Kerja:

1. Steam Trap terhadap tempat jalan pipa yg terendah dimana disitu dianggap air kemungkinan telah menggantungkan terhadap kantung pipa (Drip Leg)
2. Steam trap ini dapat mengosongkan air ke sistem uap yg mempunyai tekanan lebih rendah
3. Sistem perangkap yg tertutup didalam pengosongan air memakai katup-katup terhadap segi perangkap tersebut.
4. Gunakan saringan sekiranya sistem perangkap ini belum menggunakannya. Pasang katup uji untuk pembuangannya selama pengetesan aliran (start up).

Vent dan Drain

Vent adalah suatu alat pembuangan gas, hawa atau uap air. sedang drain adalah suatu alat pembuangan zat cair. Pada sistem pembuangan yg terkandung terhadap pipa atau equipment, Vent dan Drain didalam cara kerjanya dapat dibagi dua bagian yakni : bekerja dan tidak bekerja.

Untuk Vent dan Drain yg dikelompokkan bekerja, ditujukan bahwa peralatan ini digunakan terhadap pipa atau equipment didalam situasi bekerja didalam jangka pas lama atau tetap menerus.
Vent dan Drain dikelompokkan tidak bekerja hanya digunakan terhadap pas spesifik saja, sekiranya terhadap pas pengetesan, start up atau shut down.

Untuk Vent dan Drain pemasangannya haruslah disetujui piping engineering kelompok terlebih dahulu, baik berkenaan pemakaiannya maupun penempatannya. Selain itu harus pula diperhatikan pemasangan sumbat terhadap katupnya layaknya plug atau blind flange.

Untuk perihal yg spesifik yakni aliran yg mempunyai tingkat bahaya tinggi, penempatannya dan penggunaannya harus sangat diperhitungkan serta dikontrol pelaksanaannya.

Cara Penempatan Lokasi Vent dan Drain

Penempatan vent dan drain haruslah sangat diperhitungkan agar penggunaannya sangat efektif serta aman. Jangan sampai pemasangan vent dan drain ini terbalik, dapat perihal ini dapat berakibat fatal, sekiranya untuk aliran beracun atau mudah terbakar.

Penempatan vent terhadap pipa atau equipment diusahakan terhadap tempat yg paling tinggi gara-gara fungsinya sebagai pembuangan ke udara. Sedangkan penempatan drainharuslah terhadap tempat yg rendah sesuai fungsinya sebagai pembuangan cairan atau pembersihan cairan serta pembuangan kotoran terhadap jalan pipa atau equipment.

Demikian sedikit gambaran berkenaan strainer,steam trap,vent dan drain semoga dapat menaikkan wawasan kami sebagai seorang pipe fitter berkenaan komponen perpipaan.Baca terhitung posting berkenaan perpipaan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *